Sabtu, 06 Desember 2014

cara beternak kelinci


halo sobat my experiment. apakah anda tahu gambar di atas itu apa ??? yaps betul kelinci. kelinci merupakan hewan yang bisa dibilang sangat menguntungkan. kenapa ?? karena kelinci untuk pedaging perjodohnya bisa mencapai 150 ribu bahkan bisa lebih tergantung kegemukan kelincinya. dan untuk kelinci hias per ekor bisa mencapai 80 - 100 ribu, yaitu kelinci jantan atau betina.

kelinci memang sudah banyak jenisnya, dan yang terkenal di daerah saya adalah kelinci jawa dan kelinci australia. kelinci jawa mempunyai ciri khas yaitu badannya yang kecil dan memiliki mata bewarna merah mungkin bisa dikatakan seperti mata rasenggan di film naruto... hehe. dan untuk kelinci australia memiliki ciri khas yaitu badannya yang besar dan juga gemuk.

dan untuk kelinci sebenarnya tidak hanya kelinci jawa dan australia saja tetapi ada kelinci dengan jenis yang lain dan memiliki keunggulan masing masing. yaitu :

1. kelinci satin

 kelinci ini merupakan kelinci yang berasal dari negeri paman sam. kelinci ini bisa memiliki bobot yang cukup besar yaitu bisa mencapai 3 - 5 kg. dan juga memiliki keunggulan dalam perkembang biakan, kelinci ini jika hamil bisa melahirkan kelinci dengan jumlah 7 - 10 ekor.

2. kelinci flemish giant

kelinci ini berasal dari keturunan kelinci liar argentina. bobot kelinci ini bisa mencapai 5 - 10 kg, tetapi untuk di indonesia rata - rata kelinci flemish giant hanya berbobot 5 kg, karena di indonesia untuk mencari flemish giant yang murni itu sangat sulit, dan flemish giant yang ada hanya kelinci hasil persilangan itu sebabnya kelinci jenis ini bobotnya tidak seperti flemish giant yang asli.

3. New Zaeland white

mungkin dari namanya kalian menebak kelinci ini berasal dari New zaeland, padahal itu tidak. kelinci berjenis New Zaeland white berasal dari negeri paman sam, yaitu negeri Amerika. kelinci ini merupakan kelinci dari hasil persilangan kelinci berjenis Flemish Giant, dan kelinci ini memiliki bobot sekitar 5,5 kg. kelinci ini dalam hal perkembangbiakan yaitu dapat melahirkan sekitar 10 - 12 ekor dalam 1 kali lahir.

4. kelinci Rex

kelinci berjenis ini yaitu kelinci yang bisa dikatakan kelinci jenis baru di dalam khasanah perkelincian. kelinci ini ditemukan di daratan Amerika. kelinci ini sebelumnya merupakan kelinci hias tetapi kelinci ini memiliki keunggulan lain yaitu dagingnya, daging kelinci ini dikenal memiliki rasa yang sangat lezat dan juga bobot kelinci ini bisa mencapai 5kg per ekor. 

sebenarnya sangat banyak jenis kelinci yang belum disebutkan. dari contoh diatas sudah dibuktikan bahwa usaha kelinci ini sangat menguntungkan, karena dari contoh kelinci diatas setiap eklinci memiliki keunggulan masing - masing ada unggul dalam hasil daging dan juga dalam berkembangbiaknya.

dan bagi anda semua yang ingin mengetahui lebih banyak tentang peternakan kelinci anda dapat mendownload e-booknya di bawah ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar