Sabtu, 06 Desember 2014

cara beternak ayam petelur



halo sobat my experiment, apakah sudah makan telur hari ini ?? hehe. mungkin dari kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya telur, tetapi apakah anda tahu bagaimana sih peternak ayam petelur bisa menghasilkan telur ayam tiap hari ?  terus jenis ayam apa saja si yang bisa telur tiap hari ?

ayam petelur merupakan ayam yang dirawat secara khusus untuk diambil telurnya. dari sejarahnya si ayam ini dulunya adalah ayam hutan dan itik liar yang tangkap dan dipelihara dapat bertelur banyak. singkat cerita lalu di seleksi yang meliputi hasil produksi dan warna telur, karena ayam hutan tadi memproduksi telur dan daging maka dilakukan seleksi yaitu untuk ayam yang ditujukan pedaging dinamakan ayam broiler dan untuk ayam yang ditujukan produksi telur dinamakan ayam petelur. untuk warna kulut telur yaitu menjadi ada telur ayam berwarna putih dan juga telur berwarna coklat. dan ada penseleksian dan pensilangan hingga sempurna dan dikenal bibit unggul.

untuk ayam petelur ada dua jenis yaitu

1. ayam petelur ringan

ayam jenis ini memiliki badan yang ramping dengan bulu berwarna putih, berjengger merah dan memiliki mata yang bersinar. ayam dengan galur jenis ini memang sulit dicari walaupun memang dijual secara komersial di indonesia oleh si pembibit ayam petelur.
ayam jenis dapat bertelur lebih dari 260 telur per tahun, tetapi ayam ini hanya mampu untuk bertelur dan produksi dagingnya sangat sedikit. ayam ini juga sangat rentan terhadap cuaca panas dan juga keributan serta mudah kaget, jika kaget maka ayam ini produksi telurnya akan turun..

2.ayam petelur medium

ayam petelur jenis ini memiliki bobot yang cukup berat. berat telur ini diantara ayam petelur ringan dan ayam broiler. ayam petelur ini bisa dikatakan ayam dwi guna karena ayam ini bisa diambil telur dan dagingnya. ciri khas ayam ini warnanya yang coklat sehingga lebih menarik para konsumen, dan telurnya juga berwarna coklat. untuk harga telur ayam ini lebih mahal dibanding telur ayam petelur ringan, walaupun gizi dan rasanya sama tetapi bobot telur ayam coklat lebih berat dibanding ayam putih. dan untuk daging jika dipasaran lebih laku dibanding ayam broiler sebab rasa dagingnya lebih lezat.

untuk perawatan ayam ini juga tidak terlalu rumit hanya saja kandang untuk ayam ini harus dengan kandang khusus yaitu kandang dengan sistem batere. untuk pakan juga tidak boleh sembarang karena jika pakan ayam tidak tepat juga akan menyebabkan produksi telur ayam menurun, pakan yang perlu diperhatikan adalah pakan ayam harus memiliki kadar protein yang cukup tinggi.

dan sudah jelas usaha ayam petelur ini sangat menguntungkan, dengan ayam bertelur stiap hari maka penghasilan sudah pasti mengalir stiap hari, jika dibandingkan anda bekerja selama seharian penuh dan menyita waktu untuk bersama anak dan istri anda bayaran anda harus menunngu selama 1 bulan dan terkadang bayarannya tidak sesuai dengan jerih payah anda. maka dari itu bangkitkanlah jiwa bisnis anda insyaallah kita pasti sukses..

dan bagi anda yang ingin tahu lebih jauh tentang cara beternak ayam petelur dapat di download di bawah ini dan tentunya gratis.

http://downloads.ziddu.com/download/24074054/ayam_petelur.pdf.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar