Rabu, 12 Desember 2012

Cara membuat inkubator dari kardus


banyak para peternak khususnya peternak ayam yang sukses dalam beternaknya, dengan menghasilkan banyak ayam pebulannya. ini di karenakan banyak para peternak yang menetaskan telur ayam tidak dengan induknya melainkan dengan sebuah mesin yaitu mesin inkubator penetas telur. inkubaror di bagi menjadi tiga jenis yaitu Manual, Semiotomatis, otomatis. harga untuk manual sekitar 200 ribu - 3 juta, untuk semiotomatis 2 juta - 30 juta, otomatis sekitar 75 juta. faktor harga mesin tetas yaitu : kapasitas mesin, kualitas mesin, dll. kali ini saya akan memberikan cara membuat inkubator dengan kardus yang tentunya sangat murah meriah. dan silahkan simak di bawah sini :

syarat :
syarat sebuah mesin tetas telur adalah harus selalu hangat dan selalu lembab. kehangatan dalam mesin tetas telur adalah sekitar 37'C - 38'C, kehangatan dapat di lakukan dengan lampu bohlam, lampu teplok, elemen, dll. untuk mengatur kelembaban dapat menggunakan air yang di letakan di nampan atau wadah apapun di dalam mesin inkubator.

bahan & cara pembuatan :
bahan untuk membuat inkubator sebenarnya sangat sederhana yaitu dari kardus, triplex, dll. untuk mengatur suhu di dalam inkubator dapat di lakukan dengan menggunakan thermostrat. thermostrat di bagi menjadi dua yaitu elektrik dan mekanik. thermostrat elektrik adalah thermostrat yang sudah di atur dengan pemograman, dan thermostrat ini sangat akurat dalam mengatur suhu. thermostrat mekanik adalah thermostrat yang menggunakan kapsul yang terbuat dari lempengan logam yang di dalamnya terdapat air raksa, jadi cara kerjanya adalah kapsul mengembang dan menekan saklar untuk emutuskan arus. cara mengatur suhu thermostrat mekanik adalah dengan memutar baut yang ada di atas thermostrat.
Cara membuat inkubator sangat mudah dan untuk mengetahui cara pembuatannya dapat di download di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar